Selasa, 28 April 2015

7 Tips Menghadap Ujian Nasional !

 

Mungkin yang udah kelas tiga, apalagi yang sebentar lagi mau Ujian Nasioanal, pasti lagi nyari-nyari info dan trik sukses dalam Ujian Nasional ini. Takut, Gelisah, Grogi, Stress, mungkin itu adalah beberapa keluhan yang sering dialami oleh beberapa siswa yang sedang melakukan Ujian Nasional.


 

Model atau Tipe siswa memang beragam.. Ada yang rajin, ada yang setengah rajin setengah malas, ada juga yang pemalas, atau bahkan tidak peduli sama sekali  terhadap pendidikannya. Hayoo.. kamu tipe yang mana?  Jadi penanganan siswa seperti ini memang harus fleksibel, tidak boleh kaku. Terkait tips sukses Ujian Nasional kunci kesuksean terbesar tetap ada pada individu masing-masing. Sebuah tips tidak sepenuhnya tidak menjamin membrikan kesuksesan tanpa usaha dan kerja keras.

Tips cara menghadapi Ujian Nasional itu bagaimana ya?
Baca Juga: Manfaat Berpelukan Untuk Kesehatan!

Inilah beberapa tips cara sukses dalam menghadapi UN / Ujian Nasional :
1.  Hadapi dengan tenang dan percaya diri
     Hadapi soal ujian dengan tenang, jangan terlalu panik karena cuma akan menambah susah nantinya. sikap tenang memungkinkan kita untuk bisa berpikir dengan jernih serta mampu menyusun rencana bagaimana mengerjakan soal tsb.

 

2. Bersikap Proaktif
   Proaktif adalah sikap yang beranggapan bahwa kita sendirilah yang menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam hidup ini, termasuk dalam hal Ujian Nasional ini. Yakinlah bahwa usaha dan kerja kerasmu mampu membuahkan hasil.

3. Buatlah Rencana
   Menghadapi Ujian dapat diartikan sebagai jalan menuju kesuksesan. Ada kesuksesan pasti ada sebuah rencana yang sebelumnya telah dibuat untuk mencapai sukses itu sendiri. Salah satu hukum otak yaitu dapat berkerja dengan teratur dan sistematis.

4. Perbanyaklah Baca dan Latihan Soal
   Salah satu kelebihan yang dimiliki suatu lembaga bimbingan belajar adalah para siswa dapat berlatih soal-soal dengan cepat. Kita dihadapkan pada soal-soal yang harus dijawab dan dijawab dengan tepat. Dengan berlatih dalam hal ini kita akan mampu mendapatkan hasil lebih maksimal dan tidak cemas saat menjawab soal ujian.

5. Belajar Kelompok
   Dengan belajar kelompok siswa tidak membuang waktu percuma dengan hanya bermain.

6. Efetifkan Belajar Disekolah
   Banyak siswa yang datang ke sekolah cuma hanya datang ala kadarnya tanpa ada niat dengan belajar, tidak mengoptimalkan semua potensi yang terdapat didalam dirinya untuk meraih hasil terbaik dalam daya serap materi ataupun prestasinya. Pada dasarnya siswa kurang menggunakan kemampuan nalarnya untuk belajar, baru sebatas menghafal. Kurangnya dialog antara murid dengan guru, padahal komunikasi semacam ini mampu menambah daya serap pelajaran menurut saya.

7. Mohon Doa Restu Orang Tua
   Yakinlah dikalau kita Lulus maka Orang Tua kita bangga! Jadi, jangan lupakan do'a dari orang tua kalian karena do'a itu sangat manjurrr...


     Mungkin itulah Tips sukses dalam Ujian Nasional, walaupun sedikit yang dapat ane berikan semoga dapat bermanfaat.Do'a in admin juga ya? Semoga ane Lulus Ujian Nasional 100% :D
Sekian dulu..

Previous
Next Post »

Posting Komentar